12/24/11

Apa Sih Autoblog Itu

Goresan Online | Apa Sih Autoblog Itu | Mungkin sobat sering mendengar istilah tentang autoblog, atau baru mendengarnya? Sesuai dengan namanya, autoblog adalah blog yang otomatis. Maksudnya adalah, blog ini bersifat otomatis untuk konten atau isinya. Kenapa bisa begitu? karena memang autoblog bisa dikatakan "mencuri" konten atau isi blog lain melalui rss feed.
Biasanya autoblog ini digunakan untuk menambah backlink, atau untuk mencari uang dengan cara memasukkan iklan di blog tersebut, padahal isinya adalah kopas dari blog lain. Beberapa autoblog ada yang memang sudah dirancang dengan begitu bagus, ada juga yanng berantakan.

Blogger yang memakai autoblog bisa dipastikan memiliki beberapa akun atau email, karena memang autoblog ini rentan banned oleh search engine seperti google.

Bagaimana cara kerja autoblog? Cara kerja autoblog sangat simple, hal ini dikarenakan adanya layanan rss yang bisa dimanfaatkan dengan berlangganan rss (korban) via email,  kemudian email tersebut isinya juga auto, auto forward ke email autoblog itu sendiri. Pada platform blogger, kan ada tuh fitur posting via email yang sudah di setting sebelumnya oleh pemilik blog agar menampilkan posting dari email tertentu (email pemilik blog yang juga auto submit ke alamat email yang digunakan oleh blog untuk menampilkan isinya pada posting).

Bagi saya pribadi sih tidak masalah mau rss blog saya dicuri atau tidak, lha wong memang blog saya ini cuma blog pribadi kok :D

Jika sobat tertarik untuk membuat autoblog bisa dilihat cara2nya sebagi berikut :
  1. Pertama buatlah account gmail baru,jangan yahoo mail ataupun yang lain za :D
  2. Setelah itu,buatlah blog baru,di blogger blogspot tentunya.
  3. Setelah memiliki blog baru,pergilah ke Dashboard blog baru anda dan pilihlah Setting/Pengaturan.
  4. Setelah di Pengaturan,pilihlah tab Email & Seluler.
  5. Setelah itu,buat sebuah nama email yang nanti nya akan kita gunakan untuk berlangganan.
    Formatnya akan seperti ini : namaakunbloggeranda.namaemailyangandainginkan@blogger.com,lalu pilih option 'Publikasikan segera email' atau 'Publish emails immediately',lalu Simpan.
  6. Setelah itu,pergilah ke Gmail baru anda dan pilihlah Pengaturan/Setting.
  7. Pada kolom pengaturan tadi pilihlah Filter kemudian klik Buat Filter.
  8. Selanjutnya,pada kolom To/Ke,isikan nama email baru anda,saya contohkan disini goresan2000@gmail.com kemudian klik 'Langkah Berikutnya'
  9. Selanjutnya,contreng pada checkbox 'Teruskan Ke' isikan nama email dari langkah no.3 diatas,disini contohnya:
    goresan2000.membuatautoblog@blogger.com.,selanjutnya klik form button 'Buat Filter'
  10. Selesai sudah,dan anda sekarang siap berburu rss untuk bahan posting anda.
Agar lebih mudah, sobat bisa memanfaat kan http://www.feedmyinbox.com/ untuk mendapatkan rss dari suatu web atau blog.
Sobat juga bisa menggunakan beberapa tools pencari rss feeds, silahkan klik disini. Kini,pada setiap pesan masuk/inbox ke email baru anda tadi,akan otomatis terposting pada blog baru anda tersebut,jadi gunakan email untuk berlangganan saja jangan untuk hal-hal yang bersifat pribadi.

Apakah artikel sederhana ini bermanfaat bagi sobat?
Ikuti terus artikel dari Goresan Online dengan berlangganan melalui email. Tuliskan email sobat:

Delivered by FeedBurner