12/25/11

Perbedaan Web atau Blog Dofollow dan Nofollow

Goresan Online | Perbedaan Web atau Blog Dofollow dan Nofollow | Bagi blogger, blog Dofollow adalah blog yang sering dicari-cari, apalagi jika blog tersebut mempunyai page rank yang tinggi, ya seperti blog saya ini wkwkwkwk semakin kecil semakin tinggi mah kalo blog saya :p

Pada dasarnya blog dibagi 2, yaitu Dofollow dan Nofollow, sedangkan defaultnya blog sobat adalah Nofollow. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing2 tipe blog baik Dofollow atau Nofollow.

Setelah jalan-jalan, akhirnya saya bisa menyimpulkan definisi dari Dofollow dan Nofollow, berikut ini maksud dari istilah tersebut :
  • Dofollow artinya link yang dimasukkan pada saat memberikan komentar pada postingan sebuah blog akan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine (mesin pencari), dalam artian mendapatkan backlink dari blog yang di komentari tersebut.
  • Nofollow adalah kebalikan dari dofollow, link yang dimasukkan pada saat memberikan komentar pada postingan sebuah blog tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine (mesin pencari), dalam artian kita tidak mendapatkan backlink dari blog yang dikomentari tersebut. Sementara kita tahu backlink merupakan salah satu unsur penting dalam meningkatkan page rank (PR).
Jika blog sobat bersifat Dofollow, biasanya akan banyak komentar di blog sobat, hal dikarenakan bloger2 yang berkomentar sekalian ingin mendapatkan backlink dari komentarnya, tetapi efeknya blog sobat bisa di jauhi oleh search engine, alasannya adalah terlalu banyak outbound link alias link yang keluar jika dibandingkan inbound link.

Sebaliknya, jika blog sobat bersifat Nofollow maka akan sedikit sekali yang berkomentar di blog sobat, tetapi ketika blogger tersebut berkomentar itu dikarenakan isi blog sobat yang memang berkualitas. Kelebihannya blog sobat akan terlihat normal di mata search engine dan lebih disukai oleh search engine.

Kalau ane pribadi sih lebih pilih Dofollow :D karena memang saya pgn nambah temen ajah gt, selain itu untuk jaga2 supaya tidak di spam, sobat bisa set comment2 yang ada dengan verifikasi sebelum submit comment, ga perlu moderasi lah, biar ga ngerasa gmna gt :)

Cara untuk merubah settingan blog menjadi Dofollow pada blogspot adalah sebagai berikut :
  • Biasa login dulu ke blogger.com
  • Pilih rancangan.
  • Kemudian pilih Edit HTML dan centang Expand Template Widget.
  • Cari kode <a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'> supaya lebih cepat bisa menggunakan ctrl+f.
  • Hapus kode rel='nofollow'.
  • Jika ingin merubah ke Nofollow tinggal tambahkan kode rel='nofollow' lagi
Semoga bermanfaat.

Apakah artikel sederhana ini bermanfaat bagi sobat?
Ikuti terus artikel dari Goresan Online dengan berlangganan melalui email. Tuliskan email sobat:

Delivered by FeedBurner