12/30/11

Tips Mendapatkan Rumah Idaman

Goresan Online | Tips Mendapatkan Rumah Idaman | Apakah sobat sedang mencari rumah idaman dan strategis? Jangan sia2kan pengeluaran terbesar dalam hidup sobat untuk membeli rumah yang kurang strategis. Ingat rumah dan atau tanah adalah aset yang berharga karena memang harganya tidak pernah turun dan selalu dicari oleh orang.


Untuk urusan properti, serahkan pada ahlinya, banyak hal yang harus diperhitungkan sebelum sobat membeli rumah, bahkan dengan perhitungan yang cermat sobat bisa membeli rumah tanpa uang!!! Berikut tips2 untuk membeli rumah idaman dan strategis :


1. Menentukan berapa kesanggupan Anda dalam membiayai rumah.

Hal ini tentunya sangat penting sekali,  dengan menentukan batas kesanggupan anda untuk mengeluarakan biaya, Anda akan dapat lebih cepat dalam menetukan pilihan dan type rumah yang akan dibeli. Selain itu anda pun sebaiknya memperhitungkan juga jumlah biaya yang akan di keluarkan untuk renovasi atau perbaikan sebelum rumah itu menjadi tempat tinggal anda.


2. Pastikan hidup anda akan lebih sejahtera setelah anda membeli rumah idaman anda.

Kuncinya adalah perhitungan yang matang untuk melewati waktu yang akan datang.  Membeli rumah yang baik seharusnya lebih membuat hidup Anda lebih sejahtera. Jangan sampai karena pembelian rumah ini malah membuat Anda mengalami penurunan standar dan gaya hidup atau malah membuat tidak tercapainya tujuan keuangan lainnya di masa depan.

3. Membuat daftar prioritas.

Sebelum Anda mulai melihat-lihat calon rumah Anda, sebaiknya Anda membuat daftar prioritas yang dinginkan dari rumah yang akan dibeli, seperti jumlah kamar tidur, kamar mandi, halaman, garasi, kondisi atap, dinding,dan lain-lain. Kemudian buat juga daftar fasilitas umum yang nanti Anda butuhkan, seperti air bersih, listrik, jalan umum, kebersihan lingkungan, rumah ibadah, sekolah, pasar dan lain-lain. Tambahkan juga daftar tersebut dengan persyaratan lainnya seperti bebas banjir, sertifikat rumah lengkap dan tidak dalam sengketa apapun.

4. Siapkan sejumlah dana tunai saat anda mulai melihat calon rumah idaman anda.

Ketika anda telah berniat untuk melihat calon rumah yang akan anda beli, sebaiknya anda telah menyiapkan sejumlah dana yang mungkin akan dibutuhkan disaat Anda telah menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan anda. Tentunya anda tidak menginginkan rumah yang telah Anda pilih tersebut malah akan menjadi milik orang lain. Karena itulah di saat Anda memutuskan untuk membelinya, sebaiknya anda memberikan sejumlah uang kepada penjual sebagai tanda jadi bahwa Andalah yang akan membeli rumah
tersebut. Atau selain itu juga dana tunai yang telah anda persiapkan tersebut mungkin berguna untuk biaya pembayaran uang muka, akte jual beli, biaya balik nama sertifikat dan biaya jasa notaris dan lain sebagainya.

5. Tunai atau mencicil ?

Pada umumnya membeli rumah biasa dilakukan dengan dua cara yaitu secara tunai atau kredit. Jika Anda ingin membeli rumah
secara tunai, Anda dapat menyiapkan dananya dengan beberapa cara seperti menabung secara rutin atau melakukan investasi. Sehingga akumulasi dana hasil menabung atau hasil keuntungan investasi bisa digunakan untuk membeli rumah.

Selain Anda tidak menjadi terikat dengan pihak tertentu, membeli rumah
secara tunai tentu lebih menyenangkan karena Anda tidak perlu memikirkan biaya cicilan yang harus Anda bayar tiap bulan. Hanya saja mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama sampai terkumpul sejumlah dana yang Anda perlukan.

Dengan mahalnya harga rumah saat ini,
beberapa dari Anda mungkin kesulitan dalam menyediakan dana tunai untuk
pembelian rumah yang sedang Anda inginkan. Anda tetap bisa membeli rumah dengan cara mengajukan kredit ke Bank atau pihak tertentu. Pada umumnya dana kredit yang bisa diberikan oleh bank adalah maksimal sebesar 70 % saja dari harga rumah yang akan dibeli, sisanya sebesar 30% harus dibiayai sendiri dan dianggap sebagai uang muka untuk membeli rumah.
Sebelum Anda mengajukan kredit dengan pihak bank, sebaiknya Anda memeriksa kewajiban hutang yang harus Anda bayar pada pihak lain seperti cicilan kartu kredit, cicilan motor, cicilan mobil dan lain- lain. Karena pihak bank tentunya memiliki analisa sendiri dari sumber informasi yang mereka percaya untuk mengetahui gambaran kondisi keuangan Anda.

 6. Perkaya diri Anda dengan berbagai informasi

Perbanyaklah pengetahuan Anda tentang bentuk dan tipe rumah tinggal yang dapat anda jadikan inspirasi dalam memilih bentuk rumah yang tepat.  Carilah dari berbagai sumber yang anda percayai tentang tips membeli rumah idaman anda agar langkah untuk mewujudkan rencana anda semakin mantap.

Mudah-mudahan beberapa tips diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca yang memang sudah mempunyai niat untuk membeli rumah idaman. Selengkapnya silahkan sobat lihat Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia.

Apakah artikel sederhana ini bermanfaat bagi sobat?
Ikuti terus artikel dari Goresan Online dengan berlangganan melalui email. Tuliskan email sobat:

Delivered by FeedBurner